Pertanyaan dan Video Panduan Pengguna

Halaman ini berisi pertanyaan yang paling sering diajukan dan video panduan penggunaan aplikasi Pointer.

UMUM

Apa itu Pointer?

Pointer adalah perusahaan yang bergerak pada ekosistem e-Tourism dengan menyediakan sebuah engine reservasi online yang memberikan layanan jasa pemesanan dan pembelian kebutuhan perjalanan bagi perusahaan travel agent maupun individual travel agent. Sejalan dengan sitem kerja one-stop service, Pointer menghubungkan berbagai travel agent dengan maskapai-maskapai penerbangan, hotel, kereta, maupun penyedia layanan tour berskala domestik dan internasional.

Apa yang membedakan sistem Pointer dengan sistem reservasi lainnya?

Sistem Pointer terintegrasi dengan berbagai penerbangan yang sudah memiliki akreditasi IATA, menggunakan teknologi real time dan dimudahkan dengan three easy steps terdiri dari search, booking, dan issued yang user friendly sehingga sangat mudah dalam melakukan unit bisnis travel agent serta dilengkapi dengan customer support.

Produk apa saja yang sudah didukung oleh Pointer?

Produk yang telah mempercayakan Pointer adalah reservasi online tiket pesawat dan kereta.

Apakah Pointer sudah didukung oleh mobile application?

Untuk saat ini belum sepenuhnya didukung.

REGISTRASI & KEANGGOTAAN

Bagaimana cara mendaftar sebagai member di Pointer?

Hanya dengan mengunjungi pointer.co.id dan nikmati kemudahan pendaftarannya.

Untuk skema/model bisnis, tipe keanggotaan apa saja yang ditawarkan oleh Pointer?

Ada beberapa skema bisnis di Pointer seperti Starter, Partner dan Professional.

Apa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi member Pointer?

Untuk tipe Profesional, harus berbadan hukum dan memiliki kantor offline. Selain itu, dibutuhkan dokumen pendukung seperti KTP, SIUP, TDP, Domisi dan Akta. Untuk tipe Starter dan Professional hanya membutuhkan dokumen berupa KTP dan KK.

Berapa User Id yang bisa dibuat dalam satu akun?

Untuk tipe Partner dan Professional disediakan tiga User Id yaitu 1 master dan 2 user admin. Sedangkan tipe Starter hanya disediakan satu User Id.

Apakah tersedia fitur untuk mengatur fungsi dari masing-masing User Id tersebut?

Tentunya saat ini sudah tersedia.

Untuk penambahan deposit, metode pembayaran apa saja yang disediakan oleh Pointer?

Untuk penambahan deposit bisa dilakukan melalui :

  • • Transfer via ATM
  • • Internet Banking
  • • Setor Tunai
  • • SMS Banking
  • • SGO (Transfer Online Mandiri)

Apakah sisa saldo yang terdapat di Pointer dapat dikembalikan apabila sudah tidak menjadi member Pointer?

Tidak bisa.

RESERVASI (BOOKING, ISSUED, REBOOK, REFUND DAN REROUTE)

Maskapai Domestik dan Internasional apa saja yang dapat dipesan melalui Pointer?

Untuk maskapai Domestik, Pointer sudah bekerjasama dengan Garuda, Lion, Citilink, Sriwijaya, Airasia, Kalstar, Express, Transnusa, dan Trigana. Sedangkan untuk maskapai Internasional, saat ini kami baru menyediakan Garuda Indonesia saja.

Bagaimana cara melakukan reservasi di Pointer? Apakah Pointer menyediakan buku panduan?

Untuk penjelasan detail transaksi dan ketentuannya sudah tercantum pada buku panduan yang dapat diakses melalui manual.pointer.co.id.

Apakah semua maskapai memberikan free bagasi?

Hampir seluruh maskapai menyediakan free bagasi, kecuali Airasia.

Apakah harga dari semua maskapai sudah termasuk Airport Tax?

Harga yang sudah termasuk Airport Tax hanya Garuda Indonesia dan Citilink.

Apakah member dapat melakukan perubahan nama pada tiket yang sudah terissued?

Hanya diperbolehkan melakukan perubahan maksimal 2 huruf dari nama tersebut.

Apakah member dapat melakukan perubahan jadwal keberangkatan pada tiket yang sudah terissued? Bagaimana prosesnya?

Perubahan jadwal dapat dilakukan namun tidak untuk semua maskapai. Keterangan lebih lanjut sudah tercantum pada SOP yang disediakan.

Apakah member dapat melakukan pembatalan keberangkatan pada tiket yang sudah terissued? Bagaimana prosesnya?

Pembatalan tiket dapat dilakukan namun tidak untuk semua maskapai. Keterangan lebih lanjut sudah tercantum pada SOP yang disediakan.

Apakah member dapat melakukan perubahan rute pada tiket yang sudah terissued? Bagaimana prosesnya?

Tidak bisa.

Apakah pada sitem Pointer terdapat jumlah maksimal penumpang untuk reservasi dengan jadwal penerbangan yang sama?

Iya, maksimal jumlah penumpang dalam satu reservasi adalah 15 orang atau 3 kode booking.

Berapa minimal usia penumpang yang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan?

Berikut kategori penumpang beserta minimal usia yang ditentukan.

  • • Adult   : 12 tahun ke atas
  • • Child   : 2 – 12 tahun
  • • Infant  : 3 – 23 bulan

Berapa maksimal usia kehamilan yang diperbolehkan untuk melakukan perjalanan?

Usia maksimal kehamilan yang diperbolehkan terbang adalah 7 bulan dengan dilampirkan surat dokter.

KERETA API

Berapa keuntungan yang diperoleh dari penjualan tiket kereta api?

Keuntungan yang didapat dari penjualan tiket kereta api adalah Rp 7.500,00/invoice.

Bagaimana ketentuan untuk pemesanan tiket kereta api?

Untuk cara pemesanan dan ketentuannya sudah tercantum pada buku panduan yang dapat diakses melalui manual.pointer.co.id.

Apakah member dapat melakukan perubahan jadwal keberangkatan pada tiket yang sudah terissued? Bagaimana prosesnya?

Tidak bisa.

Apakah member dapat melakukan pembatalan keberangkatan pada tiket yang sudah terissued? Bagaimana prosesnya?

Tidak bisa.

HOTEL

Apakah sistem Pointer sudah melayani pemesanan hotel Domestik dan Internasional?

Pointer memiliki produk hotel sebanyak 40.000 hotel yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berapa keuntungan yang diperoleh dari penjualan voucher hotel?

Untuk penjualan voucher hotel Domestik Rp 20.000,00 dan hotel Internasional minimal Rp 30.000,00.

Bagaimana ketentuan untuk pemesanan voucher hotel?

Pointer sudah menyediakan buku panduan pemesanan.

Apakah member dapat melakukan perubahan jadwal? Bagaimana prosesnya?

Tidak bisa.

Apakah member dapat melakukan pembatalan? Bagaimana prosesnya?

Tidak bisa.

LAPORAN TRANSAKSI DAN PENJUALAN

Apakah member Pointer dapat melihat jumlah penjualan per produk?

Tentu, tersedia menu Back Office dan FIT Report untuk melihat jumlah penjualan tiket.

Apakah tersedia laporan transaksi yang dapat di download oleh member Pointer?

Tentu, tersedia menu Back Office, Finance dan Deposit Report untuk mendownload laporan transaksi.

VIDEO TUTORIAL POINTER

Tutorial Cara Daftar Menjadi Member


Tutorial Cara Aktivasi Member


Tutorial Cara Reservasi Pesawat


Tutorial Cara Reservasi Kereta


Tutorial Cara Reservasi Hotel


Tutorial Cara TopUp Deposit


Tutorial Cara Rebook Tiket


Tutorial Cara Refund Tiket


Tutorial Cara Mengganti Password


Tutorial Cara Reset Password


Tutorial Cara Laporan Keuangan